Rabu, 29 Februari 2012

PEDOMAN UJI KOMPETENSI


Sebagai suatu sistem, uji kompetensi/penilaian berbasis kompetensi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelatihan berbasis kompetensi yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi seseorang terhadap unit-unit Standar Kompetensi yang dipersyaratkan.

Upaya standarisasi sistim uji kompetensi/penilaian berbasis kompetensi perlu dilakukan untuk mendapatkan kualitas proses dan hasil yang diharapkan sesuai dengan persyaratan bukti standar kompetensi,  dimanapun,  kapanpun serta siapapun penilai (asesor)  yang melaksanakan uji kompetensi tersebut untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.


Standar kualitas sistim uji kompetensi/penilaian berbasis kompetensi dapat dicapai apabila pelaksana uji kompetensi, dalam hal ini MTKP memiliki suatu pedoman uji kompetensi, yang berisi uraian praktis mengenai teknis pelaksanaan serta prosedur uji kompetensi yang dilakukan.

Berdasarkan uraian diatas, MTKP sebagai lembaga non structural yang ditunjuk gubernur ditingkat propinsi mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sertifikasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diharapkan dengan diterbitkannya Pedoman uji kompetensi ini,  pelaksanaan uji kompetensi dapat mendukung tersedianya Sumber Daya Manusia kesehatan (SDMK) yang kompeten di Indonesia khususnya di Jawa Barat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar